Pembangunan Bandara Kediri Belum Jelas

Informasi pembangunan Bandara Udara di Kabupaten Kediri, ternyata belum mendapatkan kepastian. Rindu, pejabat Direktorat Kebandarudaraan kementrian Perhubungan, Selasa (11/09) di Jakarta menyampaikan, sampai saat ini ruang udara dari TNI AU belum di buka. Jadi pembangunan bandara di Kab Kediri belum ada kejelasan.

“Banyak pertanyaan soal pembangunan Bandara Udara di Kabupaten Kediri. Bahkan sdh terjadi proses jual beli lahan di sekitar lokasi dengan proses luar biasa. Padahal perencanaan nya saja belum ada. Apalagi Perijinan. Jadi ini masih jauh dari sebuah tahapan pembangunan sebuah bandara.” Tambah Rindu ketika hearing dengan rombongan DPRD Provinsi Jawa Timur di kantor kementrian Perhubungan.

Selama ini beredar kabar, pembangunan bandara di Kab Kediri sudah lama berkembang. Terakhir, ada perusahaan nasional yang siap membangun bandara di Kab Kediri. “Dari kementrian perhubungan, disampaikan karena Bandara Iswahyudi Magetan adalah obyek vital nasional terkait pertahanan udara nasional. Karena itu wilayah sekitar, termasuk Kab kediri dan Tulungagung, perlu kajian kelayakan yang melibatkan semua pihak termasuk TNI AU. Saya dengar ini baru selesai kajian kelayakan. Jadi informasi pembangunan bandara di Kab Kediri sudah mendapat Ijin itu masih jauh.” Tutur A Basuki Babussalam, anggota DPRD Jawa Timur yang membidangi Pembangunan di Jawa Timur.

Di kabupaten Kediri sendiri, saat ini telah terjadi jual beli lahan di seputar lahan yang direncanakan untuk pembangunan bandara. Ada kenaikan harga luar biasa. “Saya khawatir banyak informasi yang menyesatkan. Sebelum banyak warga yang dirugikan, harus ada penjelasan untuk memberikan perlindungan kepada warga yang peduli dengan pembangunan bandara tersebut.” Tambah Basuki kembali.

Rencana pembangunan Bandara di Kabupaten Kediri, ternyata juga belum masuk ploting tata ruang. “Saya tanyakan, ploting tata ruang saja belum ada. Saya tanya ke dinas perhubungan kabupaten dan kota kediri, ploting perencanaannya saja belum ada. Padahal untuk membangun kawasan bandara itu harus detail dan masuk dalam perencanaan yang jelas.” Tutur Kurniawan HP, kepala Bidang Pengembangan Dinas Perhubungan Prov Jawa Timur di kantor kementrian Perhubungan. (Ayu)

673 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *