HASNAN SINGODIMAYAN, BUDAYAWAN DAN SENIMAN OSING PENDUKUNG PAN

Hasnan Singodimayan, pria 86 tahun kelahiran Banyuwangi, 17 Oktober 1931 ini merupakan tokoh paling berpengaruh di Banyuwangi terutama di bidang sastra dan budaya Osing. Budayawan inspiratif juga tokoh masyarakat Osing ini sudah memiliki berbagai penghargaan dari hasil karyanya. Diantaranya adalah Penghargaan Gubernur Jawa Timur bidang Budaya pada tahun 2003, kemudian Pemenang III Penulisan Cerpen Dewan Kesenian Surabaya pada tahun 1972. Dan  yang paling menonjol adalah pemenang II Penulisan Puisi BBC London di tahun 1980.

Beliau juga mendirikan Hasnan Singodimayan Center yaitu lembaga non profit yang bergerak di bidang penelitian, pengkajian dan pengembangan sosial-budaya Osing Banyuwangi. Salah satu contoh kegaiatan yang dilakukan di lembaga ini adalah mengadakan Bintang Pelajar Pecinta Sastra (BPPS) yang diikuti oleh sastrawan-sastrawan muda. Ini adalah salah satu cara untuk menjaga kesinambungan dinamika budaya Osing dari generasi ke generasi.

Lulusan pondok Gontor ini juga masih aktif menjadi penulis. Salah satu karya yang tengah dirampungkan adalah buku berjudul Suluk Muktazilah yang berisi renungannya bagaimana membangun Islam Indonesia dengan berakar pada Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama(NU), dua organisasi mainstream di Indonesia.

Suami dari Sayu Masunah ini memiliki ketertarikan dengan PAN. Beliau bangga terhadap Partai Amanat Nasional karena PAN dinilai peduli terhadap keberadaan budaya lokal dan daerah. Ayah dari 5 orang anak ini menunjukkan ketertarikannya dengan mendukung putra ketiganya, Bonang Prasunan, maju sebagai Bakal Calon Legislatif PAN di pemilu 2019 mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh tokoh Osing ini ketika menerima kunjungan dari Ketua DPD PAN Banyuwangi, H. Sugirto, SE, Msi, dikediamannya di kawasan Singodimayan Banyuwangi. Menurut Sugiarto, dukungan budayawan inspiratif ini akan berdampak positif bagi partai. Berkat dukungan Pak Hasnan akan muncul kesan positif di masyarakat bahwa PAN adalah partai yang layak dipilih. Hasnan yang pernah aktif sebagai kader Masyumi diharapkan juga dapat membawa orang-orang seideologinya untuk bergabung dengan PAN. Sehingga diharapkan nantinya akan dapat meningkatkan perolehan suara PAN di kalangan masyarakaat Banyuwangi.

68 total views, 3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *