APA SIH “KEDIRI LAGI”???

Sebagian besar masyarakat baik lokal Kediri maupun luar kota Kediri pasti bertanya-tanya. Apa sih makna dari slogan “KEDIRI LAGI”. Slogan yang sekarang sedang marak dipublikasikan pemerintah daerah Kediri raya ini memang sangat mencuri perhatian masyarakat yang berkunjung ke Kediri. Bahkan warga lokal Kediripun banyak yang belum mengetahui makna dari slogan tersebut.

Tagline City Branding ini ternyata merupakan gagasan dari Ibu Bupati kita dr. Hj. Haryanti Sutrisno. City Branding ini dimunculkan dalam rangka mempromosikan Kabupaten Kediri agar selalu diingat dan dikunjungi lagi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara baik yang sudah pernah berkunjung maupun yang belum pernah berkunjung ke Kabupaten Kediri.

Meskipun hanya dua kata sederhana “Kediri Lagi”, akan tetapi dua kata tersebut memiliki makna yang sangat dalam dan mudah diingat masyarakat. Tagline “Kediri Lagi” menggunakan warna emas yang mempresentasikan keluhuran, kejayaan dan keyakinan. Jenis huruf menggunakan serif yang terkesan klasik yang dianggap mewakili kesan Kabupaten Kediri yang memiliki empat potensi yaitu budaya, alam, buatan dan religi. Konsep bahasa “Kediri Lagi” dipilih karena bagian kebanggaan berbahasa Indonesia. Berarti juga merepresentasikan ungkapan ramah, sederhana dan keyakinan yang kuat mengenai Kabupaten Kediri yang akan terus menggali potensi dirinya.

Tagline “Lagi” diartikan sebagai ungkapan mengajak kembali wisatawan maupun investor. Sedangkan gambar atau logogram berbentuk peta administrasi Kabupaten Kediri dengan potensinya yang tergambar dalam berbagai ikon yaitu patung totok kerot, kesenian jaranan, candi dan batik yang mewakili potensi budaya. Potensi alam diwakili dengan Gunung kelud, air terjun dan hasil pertanian. Potensi wisata buatan diwakili Monumen Simpang Lima Gumul sekaligus penanda wilayah dan potensi religi tergambar dalam ikon tumpeng dan Gereja Puhsarang. Logogram tersebut menggunakan warna merah bata sebagai lambang kemauan dan kerja keras yang merupakan perpaduan dari masyarakat dan pemerintah Kabupaten Kediri. Penggunaan warna emas dari tagline dan merah bata dari logogram melambangkan kejayaan masa kerajaan Kediri yang menginspirasi pada keyakinan di masa depan.

37 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *