MENGUAK SEJARAH ASAL USUL TAHU TAKWA ATAU TAHU KUNING KEDIRI

Gambar : www.tokopedia.com

        Tahu kuning atau Tahu Takwa merupakan salah satu jenis makanan yang sudah melegenda dan menjadi ciri khas daerah Kediri jawa timur yang merupakan salah satu makanan Khas oleh – oleh Kediri yang tentunya harganya sangat terjangkau. Tahu kuning atau Tahu Takwa ini memang berbeda dengan tahu – tahu lainya karena tahu Takwa atau Kuning ini cocok dengan cirinya yang berwarna kuning yang berasal dari kunyit dan bagian luarnya dan dalamnya berwarna putih tentunya memiliki rasa gurih tanpa rasa asam sama sekali juga padat dibanding tahu lainya sehingga tak mudah hancur saat di potong dan untuk  Untuk setiap 113 gram tahu kuning mengandung 86 kalori. Di samping itu, pada setiap 113 gram juga terdapat beberapa nutrisi yang terkandung di dalamnya diantaranya : Kalsium : 39.7%, Mangan : 34.5%, Besi : 33.8%, Protein : 18.3%, Omega-3 : 15%, Fosfor : 11%. Sumber Wikipedia

         Sejarah awal mula tahu Kuning atau Tahu Takwa ini berawal pada tahun 1900 yang dimana banyak warga tiongkok yang bermigrasi ke Indonesia dan banyak masuk ke wilayah Kediri 3 dari jumlah warga tiongkok yang bermigrasi ke Kediri ini merupakan pelopor pembuatan Tahu Kuning Atau Tahu Takwa dan nama pelopornya seperti Lauw Soe Hoek ( bah kacung ), Kaou Loung, Liem Ga Moy yang sampai sekarang ini keturunannya meneruskan usaha pembuatan tahu kuning kecuali Keturunan Kaou Loung. Kesamaan karakteristik air yang terdapat di sekitar Kediri dengan tiongkok ini yang menjadikan tahu kuning bisa di buat dan di produksi di Kediri karena faktor air ini yang mempengaruhi akan hasil  akhir tahu kuning atau tahu takwa. Untuk Lauw Soe Hoek ( Bah Kacung ) pada tahun 1912 ini  mulai merintis untuk mendirikan usaha Tahu Kuning Atau Tahu takwa sedangkan untuk Liem Ga Moy memulai usaha pada tahun 1948.

        Tahu kuning atau tahu Takwa yang pembuatanya berasal dari bahan dasar Kedelai juga memiliki banyak manfaat tentunya seperti menurunkan resiko penyakit jantung, mencegah penyakit kanker dan menurunkan kadar kolesterol. Tahu Takwa atau Tahu Kuning ini bisa langsung dimakan dan diolah sesuai selera, memang tahu takwa atau Tahu Kuning sangat mudah di dapat dan yang paling melegenda adalah Tahu pembuatan dari Bah Kacung yang sekarang yang beralamat pada Jl. Trunoyojo 59.

 

9 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *