WISATA SUROWONO MERUPAKAN SATU PAKET KOMPLIT YANG DIMILIKI KEDIRI

Surowono merupakan salah satu nama desa yang memiliki paket komplit wisata alam dan murah meriah yang dimana memiliki pemandian, Gua dan Candi dan jaraknya saling berdekatan, tak heran bila Surowono tak pernah sepi dari pengunjung dan pengunjung yang paling banyak dari kaum muda terutama dari kampung inggris Toeloengredjo (Tulungrejo) karenanya jalan yang di tempuh sekitar 2 Km yang tentunya jalanya sangat mudah di akses. Untuk tiket masuk sangat terjangkau, setiap wisata ada tiket masuknya sendiri yang tentunya tak lebih dari Rp. 5000,- tiap orang.

WISATA KOLAM RENANG SUROWONO

Wisata kolam renang Surowono terletak di Dusun. Surowono Desa. Canggu, Badas, Kediri, Jawa Timur 64217 yang dimana airnya berasal dari sumber asli sehingga sangat jernih dan bening karena bukan dari pengeboran dan terdapat dua kolam yang pertama untuk anak – anak yang kedalamannya sekitar 60 Cm dan luasnya diperkirakan sekitar 5 x 7 M dan  untuk kolam renang dewasa kedalamannya mulai dari sekitar 80 cm sampai 2 M sedangkan untuk luasnya diperkirakan antara 30 X 10 M, cukup luas bukan dan untuk tempat bersantai sangat luas dan terdapat warung – warung kopi dan makanan siap saji yang murah meriah sedangkan untuk tiket masuk sekitar Rp 3000 ,- dan didalam area kolam renang Surowono terdapat fasilitas kamar mandi yang komplit dan jumlahnya sekitar 7 dan terdapat Musholla, terdapat juga penyewaan ban pelampung yang mulai ukuran kecil sampai besar. Tak rugi bila  Surowono di jadikan tujuan wisata liburan  karena yang murah –  meriah juga menyenangkan.

WISATA GOA SUROWONO

Goa sorowono ini memang banyak mengandung sejarah yang letaknya  utara kolam renang Surowono yang memiliki 5 lubang gua yang saling terhubung antara gua satu dengan gua nomor dua dan tiga yang jelasnya berurutan dan bentuk lubang gua ini sangat pres dengan tubuh tapi seumpama digunakan berjalan dengan 2 orang bersamaan tak akan muat dan tingginya sekitar 170 cm dan gua bagian bawah teraliri air yang bersih dengan ketinggian dibawah lutut sedangkan gua nomor 4 ke 5 memiliki ketinggian 60 Cm sedangkan jarak antara gua satu dengan gua selanjutnya sekitar 50 sampai 60 meter. Goa Surowono merupakan lorong bawah tanah yang teraliri air sumber alami yang bersih dan jernih dan goa Surowono ini memiliki banyak lorong di dalam seperti banyak cabang gua namun saat ini sudah di tutup untuk cabang gua tersebut sehingga tak usah khawatir akan tersesat. Untuk tiket sekitar Rp. 2000,- untuk tiap jiwa. Sebelum masuk gua sebaiknya hp dan peralatan yang mudah basah atau rusak bila terkena air maka jangan dibawa masuk ke goa juga bawa senter atau penerang lainnya karena di dalam gua sangat gelap gulita. Gua Surowono mempunyai sejarah sebagai tempat larung saji pada kerajaan Majapahit dan ada pada zaman kerajaan Kediri juga sehingga sering di buat ritual larung saji, konon juga sebagai sistem kanal bagian candi Surowono.

gambar : id.wikipedia.org

CANDI SUROWONO

Candi Surowono terletak di Dusun Surowono Desa Canggu Kecamatan Badas Kabupten Kediri dan dari Kolam renang Surowono arah ketimur kurang lebihnya 300 meter. Candi Surowono ini memiliki nama Wisnubhawanapura di perkirakan di bangun pada abad 14 yang bertujuan untuk memuliakan raja Bhre Wengker yang masih di bawah kekuasaan kerajaan Majapahit. Tahun 1361 raja Hayam Wuruk pernah berkunjung dan menginap di candi Surowono untuk ukuran candi Surowono hanya 8×8 M² yang tersusun dari batu andesit dan sekarang bangunan candi Surowono tak utuh lagi sudah direkonstruksi bagian dasarnya tapi walaupun sudah tak utuh namun banyak sekali pengunjung berdatangan yang berasal dari luar daerah dan turis terutama pada hari libur sangat banyak penggunaannya dan banyak sekali remaja putra – putri untuk selfie atau mengabadikan dan di share di jejaring sosial. Sangat murah meriah bila berkunjung di wisata Surowono dan juga bisa melihat peninggalan – peninggalan sejarah yang telah di wariskan pada bangsa Indonesia yang berbentuk gua dan candi ini.

10 total views, 1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *