DR Basuki Babussalam Ingin Program Jasmas Bisa Dinikmati Seluruh Warga

“Alhamdulillah, akhirnya bantuan pemerintah untuk kami bisa terealisasi, melalui program Jaring Aspirasi Masyarakat (Jasmas) DPRD Jatim,” ungkap Tutur Madiono, Ketua RT di wilayah Desa Tretek –  Kecamatan Pare, dengan mimik wajah sumringah bahagia. Maklum, ia sudah setahun mengajukan proposal untuk program tersebut, dan akhirnya bisa terealisasi.

Bantuan jasmas yang diberikan untuk kelompok ternak, pembangunan gorong-gorong, alat rebana serta kebutuhan TPQ untuk Desa Tretek tersebut diserahkan secara simbolis oleh Anggota DPRD Jatim Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DR. Basuki Babussalam pada Minggu (17/12) lalu.

Menurut DR Basuki Babussalam sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 17 tahun 2014 tentang Susunan dan Kedudukan MPR, DPR, DPD dan DPRD serta UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, sudah menjadi kewajiban para wakil rakyat untuk menemui konstituen guna penyerapan aspirasi rakyat. Ini menjadi penting dan strategis  bagi rakyat untuk menyampaikan aspirasi dan solusi perbaikan hak hidup masyarakat.

Program jasmas, lanjut DR Basuki, merupakan hasil reses (penyerapan aspirasi) yang diusulkan menjadi bagian aspirasi masyarakat kepada dewan untuk selanjutnya disampaikan kepada eksekutif.

Meski demikian, tidak secara otomatis usulan tersebut disetujui sebab harus melewati tim verifikasi/monitoring. Sehingga tujuan program tepat sasaran. ’’Ini untuk mengantisipasi jika ada usul yang kurang tepat. Tujuannya, program nanti benar-benar tepat sasaran,’’ tandas DR. Basuki.

Semua program yang diusulkan anggota dewan diperiksa, apakah layak atau tidak untuk disetujui. DR Basuki menekankan bahwa Jasmas sama dengan proyek-proyek yang dimiliki oleh pemerintah secara menyeluruh, sehingga penganggarannya pun harus sesuai peraturan Perundang-Undangan dan prosedur yang berlaku.

“Inilah pentingnya peduli politik. Sebab seluruh aktivitas kita hidup tak bisa dilepaskan dengan praktik-praktik politik. Sejak kita dilahirkan kita membutuhkan pencatatan identitas berupa akte kelahiran yang merupakan produk politik. Nah, kita harus punya akses pada politik termasuk bisa dekat yang mengenal dengan baik calon wakil kita yang akan kita titipi untuk mengambil keputusan politik, yang salah satunya berupa program jasmas ini,” papar DR Basuki di hadapan warga Desa Tretek.//

57 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *