37 Wisata Kediri Yang Cocok Untuk Mengisi Liburan Sekolah

1.Gumul Paradise Island
Gumul Paradise Island merupakan tempat wisata yang cenderung wisata berair karena kedapatan kolam renang dan banyaknya wahana mulai dari Flying Fox, speed slide, kolam jamur, fun boomerang, juga di fasilitasi kamar mandi yang cukup dan memadai, mushola, loker, sewa pelampung juga tempat parkir yang luas, harga tiket sekitar 30 ribu untuk hari minggu, dan hari biasa 15 ribu, cukup terjangkau dan buka mulai jam 08:00 wib pagi sampai sore 15:00 wib. Gumul Paradise Island terletak tak jauh dari Sinpang Lima Gumul.

2. Candi Tegowanggi
Candi Tegowanggi merupakan candi peninggalan kerajaan majapahit, dan terdapat relief-relief yang menceritakan penyucian Dewi Durga yang menjadi Dewi Uma, sayangnya bangunan candinya tak utuh 100% dan untuk tiket masuk gratis, disana selain bisa menikmati dan mengenal sejarah juga bisa berselfie.

3. Museum Airlangga
museum ini memiliki sekitar 118 koleksi artefak peninggalan kerajaan Mataram Hindu. Koleksi ini didominasi oleh arca dan yoni. Salah satu “bintang utama” di museum ini adalah arca Siwa. Museum Airlangga terletak tak jauh dari situs Gua Selomangleng. pertama kali dibuka pada tahun 1992 dan menyimpan beragam peninggalan dari zaman kerajaan Mataram Hindu.

4. Bukit Kura – Kura Ongakan
Bukit Kura – Kura Ongakan merupakan tempat wisata yang alami yang dimana menyuguhkan pemandangan yang alami juga ada pemandangan air terjun, di atas bukit terdapat platform dari kayi yang bisa untuk berfoto, letak Bukit Kura – Kura Ongakan di daerah kepung tepatnya di lereng Gunung Kelud dan untuk tiket masuk hanya 4 ribu itupun sebagai retribusi.

5. Kelenteng Tjoe Hwie Kiong
Kelenteng Tjoe Hwie Kiong di bangunan utamanya terdapat terdapat altar Tri Nabi Agung untuk penganut agama Tao, Buddha, dan Konghucu dan dibangun pada tahun 1898 terletak di Jalan Yos Sudarso di sekitar area juga sering di gunakan pertunjukan wayang potehi tapi hanya bisa di nikmati pada sore hari sekitar jam 15:00 dan malam hari mulai jam 19:00 wib.

6. Gua Maria Pohsarang
Gua Maria Pohsarang merupakan destinasi ziarah umat katolik dan merupakan replika Gua Maria Lourdes di prancis selain itu terdapat pula mausoleum pieta dan columbarium untuk mengenang para pastur yang di kebumikan di area tersebut. untuk kesana hanya 1 jam bila mengunakan mobil bila berangkatnya dari pusat kota.

7. Kediri Waterpark
Kediri Waterpark terdapat juga beberapa jenis kolam yang bisa Anda coba, dari mulai kolam dewasa biasa, kolam arus, hingga kolam terompet. Objek wisata seluas 5 hektare ini dibuka pada tahun 2014 dan merupakan objek wisata air terbesar di Jawa Timur. Kediri Waterpark berlokasi di jalan raya Pagung. Kediri Waterpark juga memiliki tower slide memiliki panjang sekitar 206 meter dan merupakan luncuran terpanjang di Asia. Terdapat dua jenis tiket yang bisa Anda beli, tiket terusan dan tiket nonterusan. Tiket terusan dijual dengan harga 45 ribu rupiah untuk hari biasa, dan 70 ribu rupiah untuk akhir pekan.

8. Masjid Agung Kediri
Masjid ini merupakan masjid terbesar di Kediri dengan gaya arsitektur eropa dengan menara menjulang tinggi 49 meter dan terdapat 3 lantai, terletak di pusat kota Kediri. Di dalam masjid ini terdapat ukiran – ukiran kaligarfi yang terbuat dari kayu yang mempercantik dalam masjid sehingga orang yang beribadah didalamnya bisa merasakan nyaman.

9. Monumen Simpang Lima Gumul
Monumen Simpang Lima Gumul merupakan bangunan yang seperti Arc De Triomphe di paris, tinggi monument ini 25 meter di bangunan Monumen Simpang Lima Gumul di hiasi oleh relief – relief yang menggambarkan sejarah Kediri dan Arca Ganesa dan di dalam bangunan terdapat tempat terdapat ruang pertemuan, auditorium, dan pusat souvenir. Monumen Simpang Lima Gumul ini tak pernah sepi dan selain banyak orang berkunjung juga sering menjadi pusat pentas seni.

10. Candi Surowono
Candi Surowono merupakan salah satu peninggalan kerajaan Majapahit dan ukuran bangunannya 8 X 8 meter persegi dan untuk bangunannya terbuat dari batu endesit, juga banyak tempat untuk berfoto atau selfy dan di Tahun 1361 raja Hayam Wuruk pernah berkunjung dan menginap di candi Surowono. Candi Surowono terletak di Dusun Surowono Desa Canggu Kecamatan Badas Kabupaten Kediri, untuk tiket ke candi Surowono gratis.

11. Setono Gedong
Setono Gedong merupakan situs peninggalan kerajaan Kediri dari abad ke-12 dan merupakan kompleks yang didalam terdapat pendopo besar, masjid dan pemakaman juga banyak orang berziarah. Konon dulunya merupakan sebuah candi karena terdapat gapura batu raksasa yang dipercaya sebagai pintu masuk sebuah candi dan terdapat sebuah sumur tua yang dipercaya sebagai penyucian sebelum masuk candi.

12. Sumber Ubalan
Sumber Ubalan merupakan kawasan hutan lindung dengan luas 12 hektar terdapat beragam aktivitas seperti bersantai di taman yang asri, berperahu, bersepeda, berenang, hingga berkemah. Anda juga bisa mencoba kesegaran air dari sumber mata air Sumber Ubalan yang, konon, berkhasiat. Tiket masuk ke lokasi ini cukup terjangkau.

13.Konto River
Konto River juga di kenal dengan sebutan Kediri Rafting dan wisata ini terdapat pada daerah aliran sungai konto Yang mengarungi aliran sungai sepanjang 12 kilometer. Selain itu, Anda juga akan melewati sekitar 11 jeram dalam durasi 2 jam.Paket Kediri Rafting ini dipatok dengan harga sekitar 150 ribu per orang. terdapat juga paket tambahan bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas luar ruangan lainnya, seperti outbound, paintball, flying fox, dan airsoft gun.

14.Offroad Gunung Kelud
Wisata ini masih dalam kawasan gunung kelud yang tentunya menantang adrenalin dan bias juga melihat keindahan kubah lava gunung kelud, hutan pinus,Jangan lupa siapkan mental karena Anda akan melewati medan yang sangat terjal. Paket utama offroad (satu mobil dengan kapasitas 4 orang + 1 pemandu) dipatok dengan harga 375 ribu rupiah untuk durasi tur 2,5 hingga 3 jam. Selain itu ada paket tambahan tersebut mencakup perjalanan ke perkebunan Sepawon yang bernuansa kolonial atau kampung Anggrek yang berada di lereng Gunung Kelud.

15. Air Terjun Dolo
Merupakan salah satu wisata yang alami karena perjalanan ke air terjun Dolo ini kurang lebih 1 km dari area parkir dan berundak yang tertata rapi dan juga sebagai olah raga kaki dan rasa lelah ini akan terbayar dengan keindahan air terjun Dolo yang memiliki ketinggian 125 meter dan air yang super dingin yang dapat menyejukkan badan dan jiwa juga memanjakan mata karena dengan keindahan alam yang masih alami.

16. Monumen Kediri Syu
Lokasinya yang berada di pusat kota membuat monumen ini cukup mudah di sambanggi, baik dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. Tak jauh dari monumen ini, terdapat beberapa tempat lain yang bisa dikunjungi, seperti Gereja Merah dan Taman Sekartaji. Monumen ini merupakan sebuah patung pria dengan seragam tentara khas Jepang yang merupakan representasi tentara PETA.

17. Gua Selomangleng
Nama gua selomangleng ini bila diartikan dengan bahasa jawa yang berarti (selo : batu, mangleng : miring) dan susunan gua ini berasal dari batu andesit hitam yang ukurannya cukup besar tidak hanya itu di dekat gua selomangleng ini juga banyak sekali wahana wisata seperti kolam renang, museum Airlangga dan tempatnya tak begitu jauh dengan gua selomangleng, Gua selomangleng Kediri terletak di lereng bukit di Desa Waung Kecamatan Mojoroto kota Kediri.

18. Air Terjun Irenggolo
Di wisata air terjun Irenggolo selain kedapatan air terjun tersebut juga bisa digunakan untuk kemah tentunya menginap dan sudah disiapkan tempat untuk mendirikan tenda dan letak untuk mendirikan tenda plus listrik ini tak jauh dari tempat parkir sehingga di hari – hari libur banyak sekali yang berkemah mulai dari pelajar atau instansi pemerintahan dan swasta bila ingin mengadakan acara kemah sebaiknya izin dulu dengan petugas yang berwenang dan tak hanya itu wisata air terjun Irenggolo juga merupakan salah satu yang bisa memanjakan penglihatan mata yang dimana tempat yang bersih alami, banyak pepohonan, udara yang segar dan bersih dari polusi udara dan banyak sekali burung – burung yang liar yang dilindungi yang berkicau dan mondar – mandir dari satu pohon kepohon lainya. Bagi yang lupa membawa bekal makanan tak usah khawatir karena di area Irenggolo banyak sekali kafe atau wartek yang menyediakan makanan dan minuman dan bagi yang muslim jangan khawatir di situ ada tempat beribadah yang bersih dan nyaman.

19. Kampung Inggris
Kampung Inggris ini sudah menjadi ikon Kediri yang dimana namanya sudah mendunia dan merupakan pusat kursus pendidikan bahasa Inggris dan pelajarannya tidak hanya dalam negeri luar negeri pun juga banyak dan hari libur ini banyak sekali memanfaatkan hari liburnya untuk kursus bahasa inggris dan kampung Inggris ini terletak di desa tulungrejo kecamatan pare kabupaten Kediri.

20. Gunug Kelud
Gunung kelud sendiri merupakan perbatasan antara kabupaten Malang dan kabupaten Blitar, gunung kelud Kediri terletak kurang lebih berada 27 km dari pusat kota Kediri, Jawa Timur, Indonesia. Di gunung kelud sendiri banyak sekali wisatanya mulai pemandian air belerang yang dipercaya dapat mengobati sakit kulit, lorong Lahar, menaiki anak tangga sampai ke puncak gunung kelud , dan fasilitas di gunung kelud sangat memadai seperti ada mushola, kamar mandi dan lain – lain.
Untuk tempat wisata di Kediri masih banyak lagi yang perlu anda kunjungi, mumpung hari Libur Sekolah seperti :
21. Kampung Indian
22. Gereja Katolik Pohsarang
23. Kampung Anggrek
25. Pura Penataran Agung Kilisuci
26. Arca Totok Kerot
27. Arca Totok Kerot
28. Kebun Bunga Matahari Kediri
29. Kediri Eco Park
30. Sendang Tirta Kamandanu
31. Taman Sekartaji
32. Taman Sekartaji
33. Taman Kilisuci
34. Waterpark Tirtoyoso
35. Museum Fotografi Kediri
36. gua Sorowono
37. Pemandian Surowono
Dan tentunya masih banyak lagi tempat wisata di Kediri yang masih belum masuk daftar

sumber gambar : id.wikipedia.org

1,004 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *