Anekas Souvenir Pasir Pantai di Kaki Gunung

Kota Kediri menyimpan beragam keunikan, salah satunya adalah inspirasi usaha dari Ali Rahmawanto warga Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri. Ali memiliki usaha berupa aneka souvenir dengan media dasar pasir pantai. Padahal Kediri merupakan wilayah yang terletak di kaki gunung. Namun Ali memiliki gagasan kreatif menjadikan pasir pantai sebagai peluang usaha. Ide ini muncul ketika dia bermain ke salah satu pantai di daerah Malang. Melihat pasir pantai tersedia melimpah, muncul ide untuk menjadikan pasir pantai sebagai media lukis. Sejak tahun 2015 ia mendirikan usaha tersebut.

 Aneka souvenir seperti hiasan interior rumah dengan lukisan berbahan pasir pantai, ternyata banyak diminati oleh konsumen baik dari dalam maupun luar Kediri. Selain itu Ali juga memproduksi  tempat pensil, celengan, jam dinding, pigura, kap lampu ruangan dan gantungan kunci yang merupakan idola dari semua karyanya. Pasir pantai ini dapat dikombinasikan dengan berbagai media seperti karton bekas, plastik vinil, triplek, kain dan lain-lain. Itulah alasan kenapa Ali memilih pasir pantai sebagai bahan dasar, karena pasir pantai sangat mudah dikombinasikan dengan bahan lain. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat lukisan dengan media pasir pantai ini antara lain tentunya pasir pantai, pewarna khusus dan lem.

Saat ini Ali telah mempekerjakan 5 orang karyawan yang merupakan tetangganya sendiri. Dalam sebulan Ali dan karyawannya bisa menghasilkan 300-500 karya dari berbagai bentuk. Untuk kerajinan kap lampu kamar dijual seharga Rp.30.000 sampai dengan Rp.200.000 tergantung ukuran.  Lukisan dinding dengan ukuran 75 cm x 1,25 cm dijual seharga Rp.300.000. Tidak hanya di Kediri saja, produk kerajinan ini sudah banyak dipasarkan di luar Kediri seperti Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Nganjuk dan daerah lain di Jawa Timur. Banyak konsumen puas dengan souvenir yang dibeli karena selain unik, kualitasnya bagus, gambar hidup dan bisa memesan gambar apa saja yang diinginkan. Ali juga sudah membuka kios di pinggir jalan besar desa Menang untuk memudahkan konsumen . Tertarik? Datang yuk ke Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri

57 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *